Komputer Pintar Google Belajar Main “Starcraft”

Setelah berhasil mengalahkan manusia juara dunia asal Korea Selatan di game tradisional Go, kecerdasan buatan (AI) besutan tim Google DeepMind bersiap mengambil tantangan baru. Kini, AI bikinan perusahaan tersebut coba menaklukkan video game strategi terkenal, Starcraft II.

DeepMind mengumumkan kemitraannya dengan pihak Blizzard selaku pengembang seri game StarCraft dalam konferensi BlizzCon yang berlangsung di Anaheim, AS, hari Minggu (6/11/2016) lalu.

“StarCraft adalah lingkungan pengujian yang menarik untuk riset AI karena memberikan gambaran kacaunya dunia nyata. Kemampuan untuk mengenali lingkungan dan bermain StarCraft dengan baik bisa diterjemahkan ke tugas di dunia nyata,” sebut tim DeepMind, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ZD Net, Kamis (10/11/2016).

Bermain game komputer merupakan hal yang sulit bagi kecerdasan buatan. Karena tak punya mata, misalnya, AI DeepMind mesti membaca tiap pixel di layar untuk menerjemahkan bentuk unit pemain, kontur peta, dan hal-hal lain dalam StarCraft II.

Terlebih, game sebagai real-time strategy, StarCraft II memiliki gameplay yang kompleks. Pemain mesti memilih salah satu dari tiga ras dalam game yang masing-masing memiliki karakter bereda, lantas mulai membangun markas, menjelajahi peta, dan menyesuaikan strategi dalam waktu bersamaan.

Menurut tim DeepMind, video game merupakan salah satu cara terbaik untuk pengujian dan pengembangan AI. Dalam hal ini StarCraft yang disebut sebagai “puncak video game kompetitif satu lawan satu” menyediakan lingkungan yang ideal.

“DeepMind memiliki misi untuk mendongkrak batasan AI, mengembangkan program yang bisa belajar untuk memecahkan masalah kompleks tanpa perlu diberitahukan caranya,” ujar tim Deepmind.

“Game adalah lingkungan sempurna untuk melakukan hal ini. Kami bisa mengembangkan dan menguji AI yang lebih fleksibel dan lebih pintar.”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s