Chrome di Android Bakal Bisa “Browsing” Konten 360 Derajat

Perusahaan teknologi kawakan hingga startup sedang berlomba-lomba mengembangkan teknologi virtual reality (VR). Tahun depan, Google akan semakin jauh melengkapi ekosistemnya dengan teknologi tersebut.

Pabrikan Mountain View itu mengumumkan bakal menambahkan dukungan WebVR ke peramban Chrome di ponsel Android, sebagaimana dilaporkan PhoneArena dan dihimpun KompasTekno, Kamis (10/11/2016).

WebVR sendiri merupakan platform yang sudah ada sejak 2014. Platform itu tak lain adalah Javascript API yang digunakan untuk menikmati konten 360 derajat.

Artinya, pengguna ponsel Android nantinya bisa “browsing” atau berselancar situs berkonten 360 derajat tanpa perlu beralih ke aplikasi khusus. Syaratnya, penjajalan itu perlu didukung perangkat VR, seperti Google Cardboard, HTC Vive, Samsung Gear VR, atau Xiaomi Mi VR.

Diketahui, dua aplikasi yang selama ini sudah mengimplementasikan penjajalan konten 360 derajat adalah YouTube dan Facebook. Namun, pengguna harus membuka layanan tersebut untuk menikmati konten di dalamnya.

Dengan WebVR, pengguna Android bisa secara random menelusuri situs di peramban Chrome. Ketika bertemu konten 360 derajat, pengguna tak perlu lagi repot ganti aplikasi untuk menikmatinya.

Implementasi WebVR pada peramban Chrome di Android ditargetkan mulai Januari 2017 mendatang. Kita tunggu saja.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s