Isi Memo CEO eBay kepada Karyawan Setelah Donald Trump Jadi Presiden

Terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) memicu kekhawatiran sejumlah pihak. Salah satunya adalah CEO eBay, Devin Wenig, yang langsung menanggapi terpilihnya Trump dengan mengirim memo kepada para karyawannya.

Sebenarnya, pada masa pemilihan presiden ini, pucuk pimpinan situs lelang online tersebut tak pernah aktif dalam diskusi-diskusi terbuka. Dia juga tak menyatakan pendapat apa pun mengenai kedua kandidat saat itu, yaitu Hillary Clinton dan Donald Trump.

Namun, ketika Donald Trump yang akhirnya menang dan akan dilantik menjadi Presiden AS pada 20 Januari 2017 mendatang, Davin khawatir lanskap industri teknologi dan inovasi akan berubah.

Menurut dia, teknologi dan inovasi membutuhkan kombinasi orang dari berbagai latar belakang. Sementara Donald Trump serta tim di baliknya cenderung berada di kutub berlawanan karena mendorong sikap anti-imigran.

Informasi yang KompasTekno rangkum dari Recode, Kamis (10/11/2016), Davin juga menceritakan mengenai salah satu bagian sejarah berdirinya eBay.

Baca: Trump Presiden AS, Silicon Valley Ingin Pisah dan Jadi Negara Sendiri

Dia menyorot dua hal. Pertama, eBay sebagai sebuah situs belanja online multinasional yang didirikan oleh seorang imigran asal Perancis, Pierre Omidyar. Kedua, kesuksesan eBay saat ini yang ditopang oleh pegawai dari bermacam-macam latar belakang negara.

“Keberagaman seperti ini adalah aset berharga yang kita miliki, seiring berusaha memajukan bisnis,” tulis Davin dalam memo tersebut.

Seperti diketahui, isu rasial dan keberagaman ini sempat menjadi sorotan semasa kampanye Donald Trump. Trump memiliki program kerja untuk mengembalikan integritas sistem imigrasi AS, dengan memprioritaskan kepentingan warga asli Amerika lebih utama.

Trump bahkan sampai menuduh bahwa imigran hanya membawa kekacauan di AS.

“Mereka membawa obat-obatan terlarang, menebar kejahatan, mereka juga pemerkosa,” kata Trump merujuk kepada imigran Meksiko yang tidak terdokumentasi dalam kampanyenya Juni lalu.

Isu keberagaman dan imigrasi inilah yang memicu Davin untuk menenangkan karyawannya melalui memo yang dibuatnya.

Lengkapnya, berikut ini isi memo Davin dalam bahasa Indonesia:

Tim Global,

AS telah memilih presiden berikutnya. Ini merupakan sebuah pemilihan bersejarah dan menguras emosi.

Beberapa bulan lalu, para pemilih di Inggris telah membuat keputusan bersejarah dengan nilai serupa; keputusan mengenai hubungan mereka dengan Uni Eropa (Brexit). Orang-orang pun menunjukkan sentimen bahwa pertumbuhan ekonomi tidak tersebar rata. Kami juga melihat ada nuansa ketakutan, serta gangguan yang dipicu oleh efek perubahan tren ekonomi terhadap kehidupan seseorang, termasuk dalam hal teknologi dan inovasi.

Selama ini saya memang selalu menghindari mengeluarkan pernyataan langsung terkait kandidat atau pemilu. Tetapi, sangat jelas bagi saya bahwa pernyataan dan tindakan seorang pemimpin teknologi global itu memiliki pengaruh. eBay pertama kali didirikan oleh seorang imigran di AS. Pierre membangun pijakan awal bisnis kami sambil menenteng keyakinan bahwa pada dasarnya semua orang memiliki kebaikan, dan warisan budaya perusahaan seperti inilah yang membuat saya bangga.

Sejak awal, eBay telah bekerja menciptakan marketplace yang inklusif, memiliki semangat perdagangan global, dan ditenagai oleh nilai kewirausahaan para pebisnis kecil. Seiring saya mengunjungi kantor kami yang ada di berbagai belahan dunia, saya mendapat kesempatan berinteraksi dengan orang dari macam-macam kewarganegaraan dan latar belakang. Keberagaman seperti ini adalah aset berharga yang kita miliki, seiring berusaha memajukan bisnis.

Meski kami merupakan salah satu pemimpin teknologi, platform kami berpusat pada manusia, baik itu pembeli, penjual, maupun pegawai. Kami membuat orang bisa saling terhubung dalam sebuah marketplace global. Ketika teknologi dianggap sebagai pemicu dehumanisasi dan perusak, kami mewakili filosofi yang menilai bahwa teknologi merupakan alat untuk mengangkat derajat manusia dan menciptakan kesempatan di segala lini. Kami akan terus mendukung prinsip serta kebijakan yang dibutuhkan oleh komunitas global eBay, dan tetap berbicara mengenai inklusi, perdagangan, serta aspek positif teknologi bagi kehidupan orang.

Sekarang, banyak sekali pekerjaan yang harus dituntaskan, dan kita pun sudah menjelang musim liburan. Kita mesti tetap fokus pada pekerjaan yang sedang dikerjakan. Perusahaan kita berada di jalur yang tepat. Tetapi, kita tetap membutuhkan usaha bersama demi menyelesaikan segala hal yang dimulai pada 2016 lalu, kemudian menyiapkan akselerasi perusahaan pada 2017.

Meski musim politik akan selalu silih berganti, kami akan tetap mengingat jati diri, tujuan hidup, dan kepada siapa kita mengabdi.

Tinggalkan komentar